Kinect adalah motion sensing input device yang dibuat oleh Microsoft untuk konsol video game Xbox 360 dan Xbox One. Dengan menggunakan kamera seperti webcam, memungkinkan kinect untuk menangkap gerakan pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara langsung controller game. Jadi, pengguna dapat mengontrol melalui user interface berupa gesture dan perintah lisan.
Pada awalnya Kinect hanya digunakan untuk konsol video game, namun teknologi ini banyak mendapat perhatian di dunia IT. Banyak riset yang memungkinkan dengan menggunakan teknologi ini. Melihat hal itu Microsoft merilis non-commercial Kinect Software Development Kit untuk Windows pada 16 Juni, 2011. Di masa depan bisa jadi komputer dapat dikendalikan dengan menggunakan Kinect.
Sekarang banyak teknologi menarik yang menggunakan Kinect. Salah satunya adalah karya berupa tesis dari Mattia Avancini, 2011, yang berjudul "Using Kinect to emulate an Interactive Whiteboard". Pembuatan karyanya didasari oleh traditional Interactive Whiteboard(IWB) yang dinilai sangat mahal. Pada tesisnya dia menjelaskan bagaimana Kinect menjadi peralatan konkrit yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan mengajar dengan cost yang lebih rendah daripada traditional Interactive Whiteboard (IWB).
Kinect
Berikut adalah Use Case Diagram(diagram yang menggambarkan perintah, aksi atau instruksi yang dapat dilakukan oleh user-user tertentu) dari sistem Kinect yang digunakan:
Use Case Diagram
Activity Diagram
Berikut adalah Sequence Diagram dari sistem Kinect yang digunakan:
Sequence Diagram
Dalam tesis ini dijelaskan juga bagaimana aplikasi Kinect bisa bertambah dan berkembang serta dapat berpengaruh besar dalam dunia IT di masa depan.
Referensi:
(Avancini, Mattia. "Using Kinect to emulate an Interactive Whiteboard". 2011)
(Avancini, Mattia. "Using Kinect to emulate an Interactive Whiteboard". 2011)
http://latemar.science.unitn.it/segue_userFiles/LITSA/Avancini_Mattia_138793_Thesis.pdf
Pembuatan diagram dilakukan di creately.com berdasarkan tesis (Avancini, Mattia. "Using Kinect to emulate an Interactive Whiteboard". 2011)
Referensi Gambar : xbox.com
Pembuatan diagram dilakukan di creately.com berdasarkan tesis (Avancini, Mattia. "Using Kinect to emulate an Interactive Whiteboard". 2011)
Referensi Gambar : xbox.com
No comments:
Post a Comment