Sunday, October 2, 2016

Spotify - SWOT Sistem Informasi Musik Spotify

Spotify adalah layanan musik streaming, podcast dan video komersial swedia yang menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman dan perusahaan media. Spotify diluncurkan pada september 2008 oleh swedia startup Spotify AB. Pada juni 2015 Spotify memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif, termasuk sekitar 20 juta pengguna berbayar.



Dengan menggunakan spotify pengguna lebih mudah menemukan musik di berbagai platform. Musik yang ada juga banyak, diengkapi juga dengan penelusuran musik, playlist, dll. Di spotify juga tersedia fitur teman jadi pengguna dapat menelusuri koleksi pengguna lain yang berteman dengannya. Pengguna juga dapat melihat langsung lirik dari lagu yang diputarnya.

Informasi yang ada pada spotify adalah informasi suara.

Strength

  • Pengguna lebih mudah untuk mencari musik tanpa harus mendownload terlebih dahulu.
  • Pengguna dapat dengan mudah mengetahui lagu yang populer di berbagai kategori ataupun wilayah.
  • Pengguna dapat mencari lagu sesuai kondisi dan selera mereka.
  • Pengguna tidak perlu menyimpan lagu di penyimpanan hanphone mereka, mereka dapat mendengarkan langsung melalui spotify.
  • Spotify dapat digunakan dan diakses di cross-platform 
  • Premium user bisa mendownload langsung lagu dari spotify
  • Ada fitur pertemanan jadi pengguna dapat melihat playlist milik teman mereka


Weakness

  • Pengguna tetap harus mendaftar untuk menggunakan aplikasi spotify. 
  • Karena layanan streamingnya online pengguna tidak dapat mengaksesnya ketika tidak menggunakan internet kecuali lagu yang telah di download oleh pengguna.


Oppurtunity

  • Penyimpanan memori handphone yang terbatas, menjadikan streaming sebagai salah satu pilihan terbaik
  • Publisher dapat mempublikasikan karyanya melalui spotify 
  • Pengguna dapat menikmati fitur penuh dan juga lagu yang ada spotify dengan menjadi premium user
  • Semakin cepatnya kecepatan akses Internet


Threat

  • Semakin banyaknya aplikasi streaming musik online bahkan video online yang menjadi pesaing.
  • Beberapa song writer dan penyanyi memiliki ekspektasi yang tidak baik kepada aplikasi ini sehingga mereka tidak ingin karya mereka dipublikasikan melaluinya.

Planning:
1. Understand the problem and oppurtunity
Memori handphone terbatas dan sebagian besar digunakan untuk OS dan aplikasi, oleh karena itu kita tidak dapat memasukkan lagu yang sangat banyak, bahkan jika lagu tersebut berkualitas tinggi tentunya akan memakan banyak tempat. Dari sanalah ada pilihan untuk menggunakan layanan streaming musik.


2. Define the Project Scope and Concept
Lingkup dari sistem informasi suara berupa musik ini adalah terbatas musik yang disediakan. Tapi tentunya lebih banyak dan dapat dipilih bahkan dicari, lagu yang disediakan dengan berbagai kualitas suara dan telah dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori tertentu. Beberapa fitur hanya dapat diakses oleh premium user.


3. Perform Fact Finding
Mencari informasi dengan menggunakan interview, dokumentasi sistem yang masih digunakan sekarang(tepat dan up-to date), dan menganalisis data. Dengan asumsi ini terpenuhi maka terdapat korelasi yang kuat antar variabel data yang digunakan. Dan berperang penting  untuk proses pemecahan masalah.

4. Analyze project usability, cost, benefit and schedule data
Saat fact finding dilakukan, Pada tahap ini dilakukan antisipasi terhadap survey. Menentukan informasi apa yang ingin didapat dan berapa orang yang harus di interview, juga mengolah datanya. Dengan asumsi data yang diterima diolah dengan benar dan hati-hati maka didapatlah, dengan adanya aplikasi ini memudahkan pengguna dalam mencari musik yang diinginkan dengan cepat, melihat lagu yang populer dan tentu saja dengan biaya yang tergolong terjangkau untuk menikmati seluruh akses dari aplikasi.

5. Evaluate feasibility
Pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan mudah dan cross-platform untuk tehnical feasibility. Evaluasi lainnya berkaitan dengan data yang dikumpulkan seperti keuntungan dari aplikasi ini dan ekspektasi pengguna menggunakan aplikasi ini yang didapat dengan menggunakan survey. Dengan asumsi ini terpenuhi maka bisa dibilang bahwa aplikasi ini akan membawa keuntungan dan ekspektasi pelanggan terhadap aplikasi ini sangat besar.

6. Present result and recommendation to management
Mempresentasikan hasil dari sistem informasi suara yang dibuat

Referensi:
https://techcrunch.com/2012/11/17/heres-how-spotify-scales-up-and-stays-agile-it-runs-squads-like-lean-startups/
http://blog.honeypot.io/2015-11-13-what's-it-like-to-work-at-Spotify/
http://creately.com/diagram/example/hogetbo42/spotify%20%20%20uc
https://www.spotify.com/id/
https://www.infokomputer.com/2016/03/fitur/mencoba-layanan-spotify-di-indonesia/
https://pdfs.semanticscholar.org/26a6/a5795e5006aef31642d03e5944167f8c630e.pdf
http://160592857366.free.fr/joe/ebooks/ShareData/System%20Analysis%20and%20Design%209e%20-%20Shelly%20Cashman.pdf

No comments:

Post a Comment