Sebelumnya telah dibahas mengenai SOP, Visi Misi JNE. Untuk artikel sebelumnya itu bisa dilihat di link ini. Kali ini akan dibahas mengenai analisa dari sistem informasi yang ada di JNE. Di sini yang dianalisa adalah sistem yang mengurus status barang yang biasanya dipakai oleh pelanggan JNE yaitu MyJne. MyJNE sendiri adalah aplikasi yang kontennya kurang lebih sama dengan web JNE dimana kita dapat mengecek barang(status barang) melalui resi yang kita inputkan.
Flow Diagram
Use Case Diagram
Use Case Diagram
Konteks Diagram
Context Diagram
Kebutuhan Aplikasi
1. Fungsional
• Pengolahan data Customer
• Pengolahan data barang yang dikirimkan
• Proses Memberikan informasi lokasi paket yang dikirimkan
• Proses Memberikan informasi biaya pengiriman paket
• Proses Memberikan informasi kantor JNE terdekat
• Proses Scan Barcode resi barang
2. Non-Fungsional
• Operasional
o Digunakan pada Android Smartphone
• Security
o Dilengkapi password untuk login ke system aplikasi
• Informasi
o Memberikan informasi kesalahan login baik password ataupun username
o Digunakan untuk melakukan pendaftaran pengguna baru
Dokumen penudukung bisa di gunakan untuk analisa ini dapat dilihat di sini
Dari hasil wawancara didapatkan bahwa ada berapa kekurangan dari aplikasi ini yaitu, pelayanan. Pelayanan yang dimaksud adalah pemberitahuan keterlambatan pengiriman barang kepada pengguna jasa JNE.
Hasil wawancara dapat dilihat di sini
sumber:
http://www.excation.info/2016/01/cara-mengirim-paket-cek-kiriman-dan.html
https://tasteofasia123.blogspot.co.id/2016/09/sistem-informasi-jne-sisteminformasi.html
No comments:
Post a Comment