Monday, November 21, 2016

Analisa Sistem Informasi JNE

Sebelumnya telah dibahas mengenai SOP, Visi Misi JNE. Untuk artikel sebelumnya itu bisa dilihat di link ini. Kali ini akan dibahas mengenai analisa dari sistem informasi yang ada di JNE. Di sini yang dianalisa adalah sistem yang mengurus status barang yang biasanya dipakai oleh pelanggan JNE yaitu MyJne. MyJNE sendiri adalah aplikasi yang kontennya kurang lebih sama dengan web JNE dimana kita dapat mengecek barang(status barang) melalui resi yang kita inputkan.

Flow Diagram

Flow Diagram
Use Case Diagram

Use Case Diagram

Konteks Diagram

Context Diagram
Kebutuhan Aplikasi
1. Fungsional
Pengolahan data Customer
Pengolahan data barang yang dikirimkan
Proses Memberikan informasi lokasi paket yang dikirimkan
Proses Memberikan informasi biaya pengiriman paket
Proses Memberikan informasi kantor JNE terdekat
Proses Scan Barcode resi barang

2. Non-Fungsional
Operasional
o Digunakan pada Android Smartphone
Security
o Dilengkapi password untuk login ke system aplikasi
Informasi
o Memberikan informasi kesalahan login baik password ataupun username
o Digunakan untuk melakukan pendaftaran pengguna baru

Dokumen penudukung bisa di gunakan untuk analisa ini dapat dilihat di sini

Dari hasil wawancara didapatkan bahwa ada berapa kekurangan dari aplikasi ini yaitu, pelayanan. Pelayanan yang dimaksud adalah pemberitahuan keterlambatan pengiriman barang kepada pengguna jasa JNE.

Hasil wawancara dapat dilihat di sini
sumber:
http://www.excation.info/2016/01/cara-mengirim-paket-cek-kiriman-dan.html
https://tasteofasia123.blogspot.co.id/2016/09/sistem-informasi-jne-sisteminformasi.html

No comments:

Post a Comment